Happiness and Insecurities

HELO PEOPLE

Jadi, mungkin kalian belum tau, tapi gue punya sebuah jurnal, yang gue mulai tulis sejak awal 2015 sampe sekarang. Isinya itu cuma random things yang muncul dari kepala gua, doodle aneh, atau bahkan quotes quotes yang menurut gue ngena banget dan bakal kepake lagi buat masa depan gue.

Jadi, gue baru aja kepikiran buat nulis lagi, dan gue akhirnya buka buka lagi jurnal itu. (p.s: foto jurnal gue pernah gue upload di ig kok, cek aja @adelinemulia). Dan gue nemu sebuah quotes, dan tiba tiba gue kepikiran, well, ternyata hal hal kaya gitu udah banyak terjadi di generasi sekarang. Pernah juga terjadi sama gue.

Once a guy told me that whenever i laugh my mouth looks weird and now whenever i laugh around people i always cover my mouth with my hands.

Be careful with what you say to people. Because it might change their happiness intotheir  insecurities.

Coba kita perhatiin aja deh. Jaman sekarang, dengan semua kemajuan teknologi, orang jadi makin mudah berkreatifitas dimana mana dan ngeshare kebisaan dia ke semua orang, ke seluruh dunia. Mereka bisa ngembangin bakat mereka, sharing pengalaman mereka, perasaan mereka, semua lewat internet, hape, social media.

Tapi, orang juga punya peluang lebih besar buat di judge dan nge judge. Termasuk yang hits, cyber bullying. But, sebenernya, ada juga hal hal kecil yang mungkin kita sering lakuin.

Yang seperti quotes diatas, ktu mengubah kebahagiaan orang itu sebagai insecurities mereka.

 

Sebelum punya blog ini, gue punya banyak blog account yang gapernah gue lanjutin. Biasanya sih gitu, setelah bosen, gue malah bikin account baru. Aneh memang. Pernah ada food blog, fan blog, atau blog pribadi yang kaya gini.

Tapi, dari semua blog itu, sebelum gue buka blog ini, gue pernah punya blog juga yang gue bikin sekitar Agustus 2013. Blog pribadi, yang di wordpress juga, dan gue semangat banget nulis disana. Gue nulis travel diary gue jalan jalan ke Padang, Bukittinggi, gue bikin honest opinion tentang berbagai macem, sampe udah 64 posts, and blogging was my whole life at that time.

And then, gue dapet hate comment.

One hate comment. Gue masih hapal betul, orang ini kaya gasetuju sama opini gue, tapi dia kaya ngekomen setengah gasuka yang kaya “lu anak kecil gausah sotoy” kind of comment.

Satu komen bodoh itu bener bener bikin gua nge drop, dan gue langsung berhenti update blog gua lagi. Ada rasa insecure bahwa orang orang tuh ga enjoy sama apa yang gua tulis dan apa yang gua share. Gue berhenti update lagi sejak Maret 2014. Dan gue kaya bener bener mogok nulis apapun, bahkan cerpen, atau apapun yg menulis.

Mama gue sempet tanya kenapa gue berhenti nulis, but mungkin at that time gue ga cerita, tapi gue ga nulis sampe sekitar Desember 2014, pas itu lagi awal kelas 7 dan gue lagi heboh heboh nya sama temen temen baru gue. Pas itu barulah gue tunjukkin hate comment yang gue dapet.  Tapi terus kalo gak salah mama gue ngomong “del, kalo kamu berhenti nulis karena kamu dikasi komen kaya gitu, artinya kamu ngaku kalah dan ngakuin opini dia.Seberapa bener pun opini kamu, akan selalu ada orang yang gasetuju. Kamu tetep semangat nulis dan ngeblog, gausah dengerin siapapun bilang apa, selama itu bikin kamu happy, meskipun itu bikin kamu di hate, then be it.”

So then, setelah bikin blog ini di Januari 2015, gue baru bener bener bikin post pertama di Februari. Setelahnya gue mulai beraniin lagi nulis post post selanjutnya sampe well, kalian baca post ini.

Gue jadi belajar banyak sejak kejadian itu. Kalo gaada kejadian itu, mungkin sekarang blog gue itu udah banyak banget post nya dan pas itu gue udh punya 6 followers, mungkin bakal terus bertambah.

Tapi gue juga bersyukur, gue jadi belajar banyak gara gara kejadian itu. Gue belajar bahwa, jangan pernah berusaha ngebahagiain orang lain kalo elo nya ga happy. Jangan nulis cuma gar gara pengen orang seneng sama post elu. Do whats make you fuckin happy. Jangan dengerin hate comment, dari orang yang bahkan gakenal sama elo. Sekarang gue bisa lebih terbuka buat nulis di blog gua, nge share blog gua. maybe gue udh merain self-confident gua. hmm, maybe.

Intinya, apapun yang terjadi, never let anyone change your happiness into your insecurities. NEVER.

-adell-

p.s: gue merasa alur post ini sangat ngacak._.

p.p.s: anyway enjoy it!

What Do You Think?

