Kilas Balik

Di balik setiap peristiwa, akan ada hikmah yang bisa kita ambil.

Setuju?

Gue setuju banget dengan kalimat di atas. Bahwa di dunia ini, setiap hal itu akan ada balasannya. Entah baik, entah pahit, semua itu kita jadikan pelajaran untuk kehidupan kita ke depannya.

Dulu gue belum ngerti itu. Mungkin karena gue merasa hidup jadi gak adil. Kenapa hal hal buruk malah menimpa gue, bikin gue sedih, down, jadi mundur.

Tapi semakin sering kita mengalami hal hal gak terlalu mengenakkan itu, kita jadi belajar. Gue pribadi, gue belajar banyak belakangan ini. Belajar untuk mensyukuri semua peristiwa yang pernah terjadi dalam hidup kita.

Misalnya, kita kehilangan seseorang yang sangat spesial dalam hidup kita. Orang itu menyakiti kita, kemudian meninggalkan begitu saja. Pergi dengan meningalkan luka dan kenangan-kenangan.

Mungkin saat itu, kita akan jadi orang paling aneh di dunia. Mengurung diri di kamar, menangis, galau galau, atau bahkan nge-blame diri kira sendiri, menyalahkan semua tindakan yang gak kita ambil.

Tapi setelahnya, kita harus bisa bangkit lagi. Kita harus believe bahwa, ada hikmah dibalik kepergian orang itu. Ada hal yang Tuhan mau kita pelajari dengan mengalami sakitnya kehilangan orang orang tersayang kita.

Pelan pelan, lo mulai terbiasa untuk menjalani hari-hari tanpa chat dari orang itu, tanpa sapaan good morning atau good night dan kata kata manis darinya. Mungkin awalnya dihadapi dengan fake smile, tapi lama kelamaan lo akan tersenyum lebih tulus.

Lo mulai have fun lagi dengan teman-teman lo, menyesuaikan diri lagi dengan rutinitas baru tanpa ketemu dia setiap hari. Mulai mengenal orang orang baru, yang mungkin lo tidak pernah sadar, karena selama ini lo terlalu terpaku dengan orang yang menyakiti elo itu.

Gue pribadi, gue jadi deket sama orang-orang yang gue gak deket sebelumnya. Gue jadi tau bahwa, diluar sana, masih lebih banyak orang yang care sama gue dibanding dengan orang yang ninggalin gue.

Oiya, gue juga mulai mengejar mimpi-mimpi gue selama ini. Gue mulai lebih rajin olahraga, jaga makan, hidup sehat. Gue mengikuti beragam kegiatan dan gabung di organisasi-organisasi sekolah. Gue mengiyakan semua tawaran untuk jadi petugas upacara, pidato menyambut tim dinas, semua gue coba. Gue mulai belajar hal hal baru.

breathe. you are gonna be okay.
breathe. you are gonna be okay.

Dan pada akhirnya, gue jadi human being yang lebih baik dari sebelumnya. Jadi punya relasi luas, badan lebih sehat, dan, bagusnya lagi, gue teralihkan dari orang yang gak pengen gue inget-inget itu.

Ketika akhirnya gue bertemu sama orang yang dulu ninggalin gue itu, gue bisa tersenyum simpul dan menyapa dia seperti biasa. Bikin dia kaget dengan peruahan gue yang drastis. Menunjukkan bahwa, well, dengan atau tanpa dia, gue akan baik baik saja.

Menurut gue itu cara manusia berkembang. Mereka dapet pengalaman yang bikin mereka belajar, memperbaiki kekurangan mereka, lalu kembali sebagai manusia yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

So, untuk mereka semua, yang pernah memutuskan untuk meninggalkan gue, Terimakasih. Dan terimakasih ini gue katakan secara tulus.

Terimakasih, sudah memberikan gue pengalaman-pengalaman paling indah.

Terimakasih, sudah menyakiti gue.

Terimakasih, sudah memutuskan untuk pergi tanpa berpikir untuk berpaling.

Terimakasih, sudah membuat gue terdorong untuk berubah.

Terimakasih, sudah menjadikan gue seseorang yang lebih baik lagi.

I owe you all, you know.

Gue gak pernah merasa sedih atau menyesal ketika seseorang pergi dari hidup gue. Well, mungkin sedikit, tapi toh gue akan tetap baik baik saja. Dan gue juga harap, dimanapun tujuan kalian setelah pergi dari gue, kalian juga baik baik saja.

In the alphabetic row, I comes before U. And before U, I was okay. I was fine. When U came, I am so happy. U and I become Us. But then, we drift apart. Us become U and I again. Then, U left. But, before U, I was okay. So, when U left, I will still be okay. I will still be fine.

Mungkin post gue kali ini klise banget, tapi gue merasa pengen sharing aja ke kalian. Bahwa apapun yang kalian rasakan saat ini, pasti ada hikmahnya.

adel.

p.s: YOU AND ME WE GOT A WHOLE LOT OF HISTORY!! Go get History on iTunes bcs the song was so goddamn good. Such a jam !

What Do You Think?

