It’s Not A Joke

Akhir-akhir ini, gue semakin sering merhatiin kalo semakin banyak orang-orang di sekitar gue yang suka bilang hal-hal kayak gini:

“anjir lu bipolar banget sih, tadi seneng-seneng sekarang sedih,”

“tai ah gue depresi berat nih,”

“elah lu kurus banget deh kaya anoreksia,”

“woi kemarin gue gabisa tidur sampe jam satu, insomnia gue kambuh,”

Masih banyak lagi yang gue sering denger, tapi basically semua itu sama aja, mereka mengatakan sesuatu seakan-akan mereka bener-bener suffering with mental disorders and anxiety.

Mengakatannya dengan santai seakan-akan its cute. Promosiin yang namanya cutting seakan-akan itu tren masa kini, seakan-akan setiap lo ada masalah sedikit, lo langsung mencari solusi cutting, dan difoto terus pamer-pamer ke media sosial.

Cuma karena gak bisa tidur dan begadang, sok bilang kena insomnia. Cuma karena belajar, bilangnya depresi. Hanya karena mood seseorang berubah normal, langsung di cap bipolar.

I have a couple of friends with mental disorders and anxiety. And it hurt so much to see them suffering all of their phobia and fears that nobody could undertsand.  Mereka suka cerita ke gue bagaimana mereka kena panic attacks, ngerasa seakan-akan tiba-tba semua suara itu muncul bersamaan.

Sesak napas mendadak, gak bisa tidur sampai malem. Stres, hidup dalam ketakutan, nangis, hopeless,  ngerasa kalo mereka itu sendirian dan engga worth it, merasa diri mereka gak berguna lagi. Mereka punya really low self-esteem and numbness, tingling feeling. Selalu gelisah dan panik, dan harus nge-fake semua itu, dan muncul sebagai orang-orang dengan wajah bahagia di sekolah.

 

Anxiety itu bukan bercanda. Mental disorder itu bukan sesuatu yang disebut ‘lucu’ atau ‘tren’. Karena, bagi orang-orang yang mengalaminya, itu gak lucu dan ga fun sama sekali.

Gue berharap banget orang-orang akan berhenti menggunakan mental disorders and anxiety as adjectivesbecause its not. Bukan sesuatu yang bisa dibercandain. Hal-hal itu bisa berujung kepada depresi dan kematian.

It’s not a joke.

adel.

Advertisements

What Do You Think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s